Cara Menggunakan Aplikasi Database Server

Artikel kali ini penulis akan membahas bagaimana menggunakan aplikasi database server dan client, menggunakan aplikasi client dan command prompt. Database server yang digunakan yaitu MySQL server. MySQL server yang digunakan adalah yang terdapat pada aplikasi XAMPP. Aplikasi XAMPP dapat diunduh di https://www.apachefriends.org/ aplikasi tersebut bersifat free alias gratis.

MySQL Server pada dasarnya dapat diunduh di situs pengembangnya yaitu di http://www.mysql.com jika tidak ingin menggunakan XAMPP. Pada situs pengembang MySQL terdapat banyak aplikasi tambahan untuk mendukung utilisasi database MySQL. Selain itu dokumentasinya juga sangat lengkap baik dari segi penggunaan, query, troubleshooting, dan sebagainya.

Untuk mempelajari modul ini, diharapkan telah memahami konsep dasar basis data seperti konsep normalisasi data, konsep relasi, Data Definition Language (DDL) dasar, dan Data Manipulation Language (DML) dasar.

Menjalankan Database Server
Pasang (instal) terlebih dahulu aplikasi XAMPP. Cara instalasinya sama dengan cara instalasi aplikasi pada umumnya. Setelah seluruh aplikasi terpasang, jalankan MySQL Service yang terdapat pada XAMPP Control Panel seperti pada Gambar 1.
Cara Menggunakan Aplikasi Database Server
Gambar 1 Menjalankan MySQL Service dari XAMPP Control Panel

Selain itu, MySQL service juga dapat dijalankan (start) menggunakan command prompt dengan perintah “mysqld”. Lalu, untuk menghentikan (stop) MySQL Service nya menggunakan perintah “mysqladmin –u root shutdown” seperti pada Gambar 2.
Gambar 2 Menjalankan MySQL Service dari Command Prompt

Itulah Cara menggunakan aplikasi database server dan client, pada artikel selanjutnya nanti penulis akan membahas pula tentang penggunaan HeidiSQL sebagai MySQL Client. Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi Database Server"

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM dan akan DIHAPUS.